Sunday, December 13, 2009

NYAMUK PENYEBAB RADANG OTAK

Nyamuk Pelumpuh Otak
Tahukah anda bahwa ada sebuah penyakit yang dapat melumpuhkan otak. Penyakit ini disebabkan oleh virus japanese enchepalitis,yang biasa ditularkan oleh nyamuk culex, jenis yang kerap menggit babi.
Menurut salah seorang ahli virus dari fakultas kedokteran universitas indonesia, japanese biasanya berkembang biak pada tubuh binatang ternak, seperti babi, kuda, kambing, kerbau, dan burung.
Japanese bisa menulari manusia lewat nyamuk kelompok culex. Nyamuk ini mempunyai ciri: posisi tubuhnya sejajar dengan permukaan tempat nyamuk ini hingap. Kepala dan paruhnya menekuk ke bawah. Serangga ini dapat bertelur di air bersih dan kotor, serta beraksi di siang dan malam hari. Ia banyak hidup daerah perternakan.
Ketika culex, mengigit manusia, japanese masuk ke dalam darah. Pada tahap awal, korban akan mengalami gejala demam, sakit kepala, mual-mual, dan pegal di seluruh tubuh. Dalam satu-dua pekan, virus bisa masuk ke dalam otak lewat darah, setelah sampai di pusat saraf, virus hanya butuh 1 sampai 7 hari untuk berkembang biak.
Serangan di otak membuat penderita terkena radang otak. Radang otak ini akan menyebabkan penderita lumpuh total atau sebagian, serta ganguan fungsi emosi dan berfikir, sampai tidak sadar diri. Kemunkinan sembuhnya pun amat tipis, sedangkan resiko kematian bervariasi antara 10% dan 50%, tergantung pada kecepatan penanganan dan keganasan virus.
Utuk mencegah timulnya penyakit itu, pasien harus di vaksinasi. Hanya saja, permasalahanya adalah harga vaksin Rp 1,5 juta sekali suntik. Itu pun hanya tersedia di Jakarta dan Bali. Untuk tindakan preventif, dianjurkan menyemprot pembasmi nyamuk dan membersihkan lingkungan.

No comments: